Pages

MEMBUAT LAYOUT PCB RANGKAIAN PULSA SECARA MANUAL

Selasa, 02 Desember 2014
1.Buka aplikasi Program ADVANCE PCB dengan cara klik start -> all programs -> protel design system kemudian klik advanc pcb, lalu pilih new untuk lembar kerja baru.
2.Ambillah komponen-komponen untuk membuat rangkaian pulsa dengan cara klik library kemudian components. Adapun komponen-komponen yang akan kita gunakan adalah:
         1 DIP8
         4 AXIAL0.4
         2 RB.2/.4
         1 VR2
         1 SIP2
3.Susunlah komponen tersebut seperti gambar dibawah ini:
 

4.Ubah nama komponen tersebut dengan cara klik dua kali angka/string yang akan diubah, maka akan muncul kotak dialog, isi nama komponen pada kolom text, lalu klik OK.
5.Buatkanlah nama komponen seperti ini. 

.
6.Sembunyikan komponen agar lebih mudah untuk membuat tracknya nanti. Klik menu options>layers>un-check pada Top>klik tombol OK.
https://lh6.googleusercontent.com/Qx_XJfNmLopaD0Ag7HVJRWq04I8Ew9pLiOv5X-f0GE-fLHQaDHaFlS2diBJJe7RIGHxykaKUYg22FhQ2kaCDW0-PjYqhlmCI5kdxbzHy8DSIrPRnZM6LS9wL1cjszncwwXgpvyVUGcI
6.Ubah layer menjadi bottom layer, klik menu current>layer>pilih bottom layer. Atau ubah layer pada kolom dibawah lembar kerja seperti gambar berikut:

7.Kemudian untuk menghubungkan kaki komponen bisa dengan klik menu auto>auto route>kemudian pilih pad to pad atau bisa dengan cara manual klik menu edit>place>track atau klik icon pada menu toolbar.  
Hubungkan semua komponen seperti gambar dibawah ini. Lalu buat kotak untuk mengelilingi komponen tersebut dengan menggunakan track juga. Seperti gambar dibawah ini:
Inilah tutorial bagaimana cara membuat layout pcb rangkaian pulsa secara manual.

 Silahkan download tutorialnya disini gan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar